Main gitar sebenarnya tidak sulit, asal kita mau belajar dengan benar. Berikut ini adalah tahap-tahap belajar gitar yang baik :

1. Mengenal Jenis Musik. Pada tahap awal in, Anda hanya diharapkan dapat mengenal jenis musik terlebih dahulu. Baik itu jenis musik rock-baladpop-balad maupun alternatif. Mengapa Balad dan alternatif, karena 2 jenis musik ini dominan menggunakan instrumengitar dalam penyajiannya. Sehingga diharapkan anda lebih terfokus mengenal nada-nadayang dihasilkan instrumen gitar, karena berlatih dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord. Lagu-lagu balad yang sering digunakan oleh pemula dalam belajar gitar seperti Love of a Livetime (Fire House),Children Cry (White Lion) ataupun Love Of My Life (Extreme). Karena selain lagunya bagus, akan terdengar expert walau sebenarnya sederhana dalam memainkannya.

2. Memiliki Gitar. Memiliki gitar memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terha

 

 

dap akselerasi Anda dalam menguasai instrumen ini. Ada beberapa jenisgitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylonstring dan electric. Untuk tahap belajar, Anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka (berkapal) ketika jari anda membuat chord. Gitar Nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan
3. Mengenal Chord Dasar. Pada tahap ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan sepertiAm, Em, G, C atau F. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chordyang lain, tingkatkan pemahaman chord anda dengan chord-chord lain yang lebih sulit. Berikut ini beberapa chord yang bisa anda pelajari:

chordchord2

4. Mengenal Memetik dan Menstramming. Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menstramming lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetikmembutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari.

5. Mempelajari Nada Sebuah Lagu. Yang dimaksud mempelajari nada adalah mencarichord untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih filling anda terhadap suatu nada. Mekanisme yang paling sederhana adalah dengan memutar lagu berformat mp3/mp4dengan Jet Audio atau Winamp. Dengan tools ini musik bisa dipelankan, di-pause bahkan diputar balik, tanpa merusak pita seperti halnya kalau Anda menggunakan cassette. Untuk memudahakan pemahaman anda dalam mengenal lagu, ada Aturan dasar bakunya bahwa secara umum lagu hanya terdiri atas : Intro_01-Intro_02-Chorus-Reff-Intro_02-Chorus-Reff-Melody-Reff. Dimana masing-masing bagian memiliki kumpulan chord yang sama.
6. Mencari Guru Gitar. Guru gitar yang dimaksud dapat berupa seseorang/teman yanglebih ahli dari anda ataupun video berlatih gitar. Hal ini akan memacu anda untuk bisa seperti guru anda bahkan melebihi.
7. Tekun. Kunci dari semuanya adalah tekun. Karena Steve Vai, salah seorang dewa gitar, pernah berkata, “untuk bermain dgn sangat cepat, mulailah dgn yg sangat lambat…“. Mekanisme yang perlu Anda lakukan hanyalah berlatih Fingering atau senam jari secara teratur, berlatih berpindah chord maupun berlatih melodi.
Gitar adalah alat musik paling populer jika dibandingkan dengan alat musik yang lain. Gitar seperti memiliki daya tarik tersendiri bagi semua orang, tidak sekadar untuk memiliki tetapi terlebih bagaimana memainkannya. Buku Pintar Bermain Gitar dalam 7 Hari ini hadir untuk menjawab kebutuhan Anda dalam menguasai teknik dasar bermain gitar. Buku ini disusun secara sistematis, sehingga Anda dapat mempelajari teknik dasar bermain gitar hanya dalam waktu 7 hari. Urutan yang dibuat di sini berfungsi untuk lebih memudahkan Anda dalam menguasai teknik dasar gitar. Meski demikian, tidak ada larangan bagi Anda untuk mempelajari teknik pada hari keempat, kelima, dan seterusnya terlebih dahulu.
Pembahasan teori-teori gitar dalam buku ini dijelaskan secara lugas, dengan kata-kata yang mudah dipahami, bahkan untuk Anda yang masih awam tentang istilah-istilah dalam teknik gitar. Tidak hanya dilengkapi dengan foto-foto yang dapat memudahkan Anda untuk lebih mengerti bagaimana posisi bermain gitar yang baik dan bagaimana posisi jari untuk sebuah akor; buku ini juga dilengkapi dengan berbagai tablature dan chord lagu-lagu populer sebagai penunjang latihan, serta daftar istilah dalam teknik gitar.

  • Hari 1: Pengenalan Awal; Bagian-bagian Gitar, Pengenalan Senar, Posisi Bermain Gitar yang Baik, Cara Memetik Senar dengan Benar, dan Pengenalan Istilah-istilah dalam Teknik Gitar
  • Hari 2: Menyetem Gitar; Alternative Tuning dan Open Tuning
  • Hari 3:Tablature; Tablature, Simbol-simbol yang Lazim Digunakan dalam Tablature, Hammer On, Pull Off, Bend, dan Slide
  • Hari 4: Picking; Teknik Picking dan Latihan Picking
  • Hari 5: Fingering; Senam Jari dan Speed Fingering
  • Hari 6: Melodi; Dasar Melodi, Tangga Nada Diatonik (Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor) Hari 7: Akor; Pengertian Akor, Akor Dasar dan Akor Variasi
TEKNIK MEMETIK BERSAMAAN [STRUMING]Tehnik strumming merupakan tehnik yang digunakan pada tangan kanan, tehnik strumming ini dilakukan dengan cara memetik senar gitar secara bersamaan, 2 senar ,3 senar hingga 6 senar sekaligus secara bersama.
Tehnik strumming bisa berbeda pada setiap aliran musik, karena irama nya berbeda
[akan saya jelaskan nanti pada Lesson SUFFLE]
Perbedaan ini yang memungkinkan para pemain gitar mempelajari banyak irama dan variasi tehnik strumming. Semakin banyak yang dikuasai berarti semakin handal dalam memainkan tehnik Strumming.

TEKNIK FINGER PICKING

Finger Picking adalah teknik memetik senar gitar dengan menggunakan jari, dalam penulisan notasi-notasi musik jari kanan dan kiri di bedakan menggunakan simbol huruf dan angka. Jari-jari kiri biasanya di gunakan untuk menekan senar pada fret-fret gitar, sedangkan jari kanan biasanya di gunakan untuk memetik senar-senar tersebut.

TEKNIK PICKING DENGAN MENGGUNAKAN PICK GITAR

Picking adalah tehnik memetik gitar dengan menggunakan tangan kanan, dan biasanya juga menggunakan alat yang bernama “pick” . Tehnik Picking adalah modal dasar untuk memainkan gitar dengan baik dan sempurna. Karena untuk menggunakan tehnik Picking menggunakan tangan kanan, maka tangan kanan harus mempunyai power yang kuat dan hanya bisa dicapai dengan latihan yang berulang dan teratur.
Cara memegang Pick juga harus benar, yaitu menggunakan jempol dan telunjuk untuk menggapit pick. Sebenarnya tidak ada posisi yang paten untuk cara memegang pick, tergantung dengan kenyamanan pemain gitar masing-masing.
pick (alat pemetik gitar)
Bila tangan kanan sudah mempunyai power dalam memainkan gitar dan mempunyai tehnik picking yang bagus, permainan gitarnya juga akan menghasilkan suara yang jelas.
Tehnik Picking ini harus selaras dengan tehnik Fingering,dan sebaiknya latihan selalu memakai metronome agar tempo selalu terjaga , dimulai dengan tempo yang lambat agar tangan kanan dan kiri sinkronBeberapa metode dalam tehnik picking antara lain:

  • Up-stroke picking = Istilah ini di gunakan apabila anda memetik senar kea rah atas, biasanya di notasikan dalam tablature berbentuk karakter V
  • Down-stroke Picking = istilah ini di gunakan apabila anda memetik senar ke arah bawah, biasanya di notasikan dalam tablature berbentuk karakter ^ atau u
  • Al ternate Picking = Merupakan gabungan dari upstroke picking dan downstroke picking yaitu memetik senar ke arah atas dan bawah. Picking jenis ini paling sering di gunakan karena dapat memetik senar lebih cepat di bandingkan bila anda hanya menggunakan up-stroke saja ataupun down-stroke saja
  • Economic Picking = Variasi tehnik picking untuk permainan permainan solo cepat, economic hampir sama dengan arternate picking, yang membedakan economic dapat membunyikan 2 nada pada 2 senar yang berbeda menjadi satu kali petikan seperti pada strumming
  • Circle Picking = Kadang ada juga yang menyatakan kalau circle picking sama dengan economic picking, tapi saya membedakannya karena pada circle picking memetikan senar dengan cara memutar seperti lingkaran sehingga dapat menghasilkan suara lebih halus
  • Sweep Picking = bias juga di sebut arpeggio picking. Variasi ini di gunakan untuk memetik beberapa senar gitar sekaligus, dengan cara memetikan senar satu arah : kebawah saja atau keatas saja.
  • Tremolo Picking = Sama dengan arternate picking, variasi tremolo biasanya bisa di bedakan ketika ada 1 nada di petik secara sering (berulang-ulang) dan cepat.
Harmonic Picking = Variasi picking untuk mengkasilkan
Maaf ini Bukan untuk yang Kidal]
Pada tangan kiri masing-masing jari kecuali ibu jari [karena ibu jari harus memegang neck / leher gitar]
diberi nomor yang berurutan yang dimulai dari jari telunjuk sebagai  jari nomor 1, Jari Tengah Nomor 2, Jari Manis Nomor 3 dan kelingking sebagai jari nomor 4.
Penomoran ini akan berfungsi untuk mempermudah seseorang  untuk bisa membedakan jari-jari mana yang harus digunakan pada saat  menekan fretboard [pada neck]TEKNIK HAMMER ON DAN PULL OFF

hammer on
Tehnik Hammer on adalah tehnik gitar yang dimainkan dengan menekan nada awal [root] sembarang nada dan menekan nada lagi dengan cara memukulkan jari pada nada yang dimainkan tanpa di petik dengan tangan kanan [mengetuk seperti palu]. Nada kedua lebih tinggi daripada nada pertama.pull off
Tehnik Pull off adalah tehnik gitar yang dimainkan berkebalikan dari hammer on yaitu dengan menekan nada awal sembarang nada dan membunyikan nada selanjutnya dengan cara nada awal yang dipetik tadi di lepas sambil meninggalkan bunyi dan kita menekan fret di belakang posisi awal nada. sehingga terdengar bunyi nada yang pertama lebih tinggi dari nada kedua.

Untuk pemula yang ingin belajar instrumen gitar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.Belajar gitar membutuhkan dedikasi tinggi dan praktek banyak,dan butuh waktu seperti juga bila belajar memainkan instrumen  yang lain.
Untuk hasil terbaik, tekad, kesabaran dan rutin adalah kuncinya..
Tidak ada “metode instan” untuk belajar gitar dalam waktu semalam. [ emangnya mie instant ?? ]Ingatlah Pepatah ini : NO PAIN NO GAIN
Berikut Tipsnya :
1. Siapkan waktu dan tempat setiap hari
Pastikan untuk menyisihkan minimal dua jam dalam sehari untuk berlatih.dan tempat yang membuat anda bisa fokus latihan
2. Bahan untuk Latihan
Buku atau diagram chord yang bisa anda beli atau download dari internet bisa lebih membantu anda.
Diagram chord harus menggambarkan bagaimana membuat chord pada leher [neck]gitar,senar mana yang harus dibunyikan, serta jari mana yang harus digunakan.
Informasi lain yang termasuk dalam diagram chord adalah senar mana yang tidak boleh bunyi [mute]dan kadang-kadang kunci yang membuat sekelompok akord saling melengkapi satu sama lain.
3. Memilih Lagu:Pilihlah lagu dengan tempo lambat lebih dulu
Lagu pertama yang paling penting harus anda sukai, agar belajar anda lebih semangat,misalnya lagu kenangan anda bersama pacar atau mantan anda[hehe]
pilihlah lagu yang sederhana .
4. Praktek: Gunakan Suffle bila masih susah untuk memetik
Suffle istilah lokalnya adalah kocokan [genjrengan istilah jawanya=menurut saya sih,,hehe]
5. No Pain No Gain
Selama dua minggu , sisihkan dua jam setiap hari untuk belajar lagu yang telah dipilih. Gunakan diagaram chord untuk berlatih membuat akord, lakukan berulang kali.
Belajar bermain gitar adalah perpaduan antara ingatan pengetahuan dan otot jari, pengulangan sangatlah penting dilakukan.
Setelah berlatih beberapa hari, jari-jari akan mulai terasa sakit.[biasa aja,jangan manja lah]
Ini merupakan awal dari penebalan kulit [kapalan] di ujung jari.
Jika terlalu sakit, bolehlah anda libur sehari untuk tidak berlatih dan merendam ujung jari. Tapi, pastikan untuk melanjutkan latihan keesokan harinya meskipun rasa sakit di jari belum sepenuhnya hilang.
Dalam waktu seminggu atau lebih,anda akan melihat hasilnya
Yang penting Jangan Menyerah !

About these ads